Ramuan

Translate

Senin, 16 Juli 2012

.::Pengenalan Program Wirausaha: BNI Mitra Kampus::.

Aula Timur ITB, Bandung, 10 Juli 2012. Dalam rangka HUT yang ke-66, Bank Negara Indonesia (BNI) mengadakan acara seminar "Pengenalan Program BNI Mitra Kampus" yang merupakan program entrepreneurship untuk mahasiswa dan alumni Institut Teknologi Bandung. Acara ini merupakan kerjasama antara BNI dan ITB sebagai salah satu mitra kampus yang mengikuti program BNI Mitra Kampus. Acara ini bertujuan untuk menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan bagi mahasiswa dan alumni ITB agar bisa membuka lapangan pekerjaan sendiri. Seminar ini dimulai dari pukul 09.00 hingga pukul 15.00 dan diawali dengan beberapa sambutan dari pihak BNI dan ITB career center. Kemudian dilanjutkan dengan pengenalan program BNI Mitra Kampus dan rangkaian acara yang akan diselenggarakan dalam program tersebut. Dalam program ini akan dipilih 50 proposal terbaik yang nantinya akan diberikan bantuan dana untuk modal usaha dengan jumlah maksimal Rp. 10.000.000. Selain mendapat bantuan dana, proposal terbaik ini akan diikutsertakan dalam pembinaan dan pelatihan kewirausahaan dalam jangka waktu 1 tahun.

Program BNI Mitra Kampus di ITB ini merupakan program pertama di Indonesia yang nantinya akan disusul dengan program serupa pada beberapa perguruan tinggi lainnya. Program ini terdiri dari beberapa tahapan, diantaranya yaitu:
1. Seminar Pengenalan Program (10 Juli 2012)
Berisi acara seminar pengenalan program BNI Mitra Kampus dan tahapan-tahapan proses seleksi yang akan dilalui hingga pelatihan dan pembinaan kewirausahaan. Pada seminar ini juga terdapat seminar motivasi dari 2 orang wirausahawan muda yaitu Victor Harlim (bergerak di bidang usaha garmen) & Rangga Umara (pemilik pecel lele Lela).
2. Seleksi Peserta (Juli - Agustus 2012)
Pada tahap ini peserta diwajibkan untuk membuat proposal bisnis dengan batas pengumpulan terakhir hingga bulan Agustus. Peserta boleh perorangan atau berkelompok dan boleh mengumpulkan lebih dari satu proposal, akan tetapi yang akan dipilih adalah 1 buah proposal yang paling baik dari beberapa proposal yang dikumpulkan. Untuk 1 buah proposal yang paling baik akan diberi bantuan dana maksimal hingga Rp. 10.000.000 (lumayan besar juga dana yang diberikan, makanya buat mahasiswa atau alumni ITB ayo buruan daftar! :P).
3. Presentasi Proposal Peserta (10 - 11 September 2012)
Selanjutnya peserta akan melakukan presentasi isi proposal mengenai jenis usaha yang akan mereka kerjakan. Dari presentasi proposal ini akan diperoleh 50 proposal terbaik yang akan diberi bantuan dana sesuai jumlah perhitungan dana yang tertera di proposal dengan dana maksimal Rp. 10.000.000.
4. Pengumuman Peserta Yang Terpilih (13 September 2012)
Pengumuman peserta yang lolos dilakukan 2-3 hari kemudian setelah presentasi proposal.
5. Classical & Capacity Building (18 - 21 September 2012)
Merupakan pelatihan yang diberikan kepada 50 peserta yang lolos. Pelatihan ini berisi tentang materi seputar kemampuan dan kapasitas kerja, kerjasama, membangun jaringan, hingga program motivasi. Hasil akhir yang diinginkan dari pelatihan ini adalah untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan dan tanggung jawab peserta terhadap program ini agar proposal yang dibuat benar-benar dapat terlaksana dengan baik di dunia nyata.
6. Bazaar & Program Launching at ITB Integrated Career Days (12 - 14 Oktober 2012)
Selain mendapat pelatihan, peserta program ini akan mendapatkan pembinaan dari beberapa mentor yang disediakan. Peserta juga akan diberikan kesempatan untuk memasarkan produk mereka di acara ITB Integrated Career Days pada bulan Oktober nanti dalam bentuk bazar.
Itulah rangkaian acara dari program BNI Mitra Kampus. Untuk saat ini baru ITB yang diberi kesempatan memperoleh program ini. Jika program ini sudah mulai dilaksanakan di beberapa perguruan tinggi lainnya (minimal 5 perguruan tinggi), maka setiap pemenang dari masing-masing perguruan tinggi akan melakukan kompetisi antar perguruan tinggi. Menarik bukan? Ayo segera daftarkan diri kalian dalam program ini dan jadilah entrepreneur muda yang mampu membuka lapangan pekerjaan sendiri! :D

Silahkan lihat link dibawah untuk pendaftaran dan panduan pembuatan proposal:

Saya sendiri belum punya ide untuk membuat proposal ini. Mungkin ada yang punya ide dan mau bergabung dengan saya membentuk kelompok untuk mengikuti program ini? Hehe. :)

FIN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar