Ramuan

Translate

Rabu, 04 Juli 2012

Semua Tentang Fitur dan Akun Google


Google Inc, merupakan sebuah perusahaan publik milik Amerika Serikat, berperan dalam pencarian internet, cloud computing, serta teknologi iklan online & perangkat lunak. Pendirinya adalah Larry Page dan Sergey Brin ketika mereka masih mahasiswa di Universitas Stanford, Amerika. Untuk sejarah lengkap mengenai google bisa di lihat di wikipedia.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas semua yang berhubungan dengan fitur dan akun google. Mungkin sudah banyak yang telah mengetahui apa itu google? Google sangat terkenal dengan sebutan mesin pencari di internet atau istilah kerennya Search Engine Result Page (SERP). Cukup dengan mengetikkan alamat www.google.com kita akan masuk ke dalam tampilan mesin pencari google yang sederhana. Di halaman web tersebut kita dapat mencari segala macam jenis informasi yang kita butuhkan untuk kebutuhan tugas di sekolah atau kampus, mencari berita-berita terbaru atau berita yang unik, bahkan bisa digunakan untuk mencari informasi lowongan kerja bagi yang sedang mencari pekerjaan seperti saya ini.

Tapi tahukah kalian bahwa tidak hanya itu saja yang dimiliki oleh google? Ada banyak sekali fitur, aplikasi, maupun pengembangan lainnya dari sebuah google dan dari akun google kita bisa terhubung ke berbagai macam hal selain mesin pencari atau SERP. Berikut ini saya akan menjabarkan beberapa fitur baik itu yang "terlihat" maupun yang "tidak terlihat".

1. Google Search mesin pencari (Search Engine Result Page)
Merupakan halaman web google yang paling terkenal atau mesin pencari yang paling terkenal seantero jagad bumi. Biasanya kebanyakan orang menggunakan mesin pencari google ini untuk mencari berita atau informasi yang mereka butuhkan dari internet. Untuk mesin pencari google ini amat sangat sering saya kunjungi karena tampilannya yang lebih sederhana dan mudah dalam penggunaannya.



2. Google Mail (GMail)
Merupakan email besutan google.  Disini kita bisa melakukan pengiriman atau penerimaan surat secara elektronik atau biasa dikenal dengan electronic mail (e-mail). Selain mengirim atau menerima surat yang hanya berupa ketikan saja, kita juga bisa mengirim atau menerima file seperti file MS Word, MS Excel, MS Power Point, PDF, RAR, ZIP, dan lain-lain. Caranya adalah dengan menyisipkan attachment pada email yang akan dikirim dengan ukuran file maksimal 25 MB / file. Attachment ini juga bisa menambahkan beberapa file sekaligus dalam satu pengiriman email dengan ukuran masing-masing file tidak boleh melebihi 25 MB. Sedangkan untuk kapasitas penyimpanan google sendiri cukup besar karena setiap detiknya selalu bertambah. Dengan menggunakan gmail juga kita akan terhindar dari beragam spam (tulisan sampah dalam jumlah yang sangat banyak dan isinya berupa iklan ataupun virus), tidak seperti yahoo mail dimana saya selalu mendapatkan ratusan spam yang masuk ke email saya.
Untuk memiliki gmail ini terlebih dahulu kita harus membuat akun google. Caranya tidak sulit seperti saat pertama kali gmail muncul, dimana kita harus mendapatkan undangan (invitation) untuk mendaftarkan diri pada gmail. Sekarang ini cara mendaftarnya sangat mudah, dengan meng-klik tombol "buat akun" atau "create an account" dan dilanjutkan dengan mengisi beberapa formulir isian. Setelah itu ikuti petunjuk-petunjuk berikutnya yang diberikan oleh google hingga selesai. Setelah akun google tersebut jadi, kita bisa mulai mengakses gmail ataupun akun-akun lainnya yang terhubung dengan akun google.


3. Google+
Merupakan situs jejaring sosial yang dibuat oleh google. Dimana di dalamnya kita bisa menambah teman melalui suatu sistem yang disebut circle dan kita juga bisa ditambah menjadi teman oleh orang lain (intinya adalah menambah atau ditambah orang lain). Selain itu kita juga bisa melakukan update status dan memberikan komentar kepada orang lain. Kurang lebih fiturnya merupakan gabungan antara facebook dan twitter.Untuk saat ini saya sudah memilikinya tetapi jarang menggunakannya karena teman saya disini masih sedikit.


4. Google Images
Merupakan situs pencari google lainnya yang khusus mencari gambar atau foto atau file yang berupa gambar atau image. Biasanya saya sering menggunakannya untuk mencari informasi tertentu yang berupa gambar, desain atau suatu logo barang tertentu.



5. Google Maps
Bingung dengan suatu alamat atau daerah tertentu? Atau ingin berjalan-jalan di tempat atau daerah yang belum pernah kita kunjungi tapi tidak tahu arah dan lokasi? Google maps bisa jadi solusinya. Google maps ini merupakan peta digital dari google. Peta ini bisa kita pilih dalam bentuk map 2D atau satellite 3D. Peta digital ini juga dapat kita gunakan untuk mencari lokasi tertentu berdasarkan alamat atau koordinat lokasi yang ingin kita cari. Jika kita memiliki suatu peralatan atau gadget yang memiliki google maps, misalnya handphone dengan OS Android, kita bisa mengetahui lokasi keberadaan kita dengan menggunakan google maps secara real time yang tentunya membutuhkan koneksi internet. Google maps ini biasanya saya gunakan untuk melihat peta daerah tempat-tempat yang ingin saya tuju tapi belum saya ketahui daerahnya.


6. Google Play
Pada bahasan google maps sebelumnya tadi saya menyinggung masalah OS Android. OS Android adalah Operating System yang dikembangkan oleh google untuk perangkat handphone maupun PC Tablet. Android ini termasuk kategori open source seperti OS Linux, karena kita tidak dikenakan biaya apa pun untuk menggunakan sistem operasi ini. Bagi android user (pengguna android) dapat mengunduh aplikasi, game, musik, film, buku atau isi file apapun dari Google Playstore untuk diisi ke dalam gadget mereka. Disini disajikan beragam jenis file dari yang gratis hingga berbayar. Jumlah isi kontennya pun sangat banyak dan bervariasi. Untuk mengaksesnya kita harus memiliki akun google.


7. Youtube
Merupakan halaman situs yang menyajikan beragam jenis video. Disini kita juga bisa berbagi file video dengan orang lain dan kita bisa mengunduh video yang ada secara cuma-cuma. Youtube ini sekarang sudah menjadi milik google karena telah di akuisisi oleh google, sehingga kita bisa masuk ke halaman ini dengan menggunakan akun google kita. Saya sendiri jarang mengakses situs ini kecuali untuk kebutuhan tugas atau pekerjaan yang membutuhkan video penjelasan yang saya inginkan.


8. Google News
Tempat untuk mendapatkan berita-berita terbaru dari luar negeri, karena untuk berita ini dalam versi Indonesia masih belum ada. Semoga saja ke depannya nanti akan ada google news untuk versi Indonesia dalam bahasa Indonesia mengenai berita-berita dalam negeri yaitu Indonesia.


9. Google Documents
Merupakan fasilitas yang diberikan oleh google untuk membuat, mengedit, hingga berbagi file mengenai file yang berkaitan dengan program Office seperti MS Word, MS Excel, MS Power Point. Selain itu kita juga bisa menyimpan file tersebut secara online pada database google atau biasanya lebih dikenal dengan istilah cloud storage. Kita bisa mengakses file yang telah kita simpan melalui akun google kita. Selain itu dengan menggunakan google docs (sebutan lain google documents), kita juga bisa membuat kuisioner untuk dibagikan kepada pengguna internet lainnya dan kita pun bisa mengetahui hasilnya secara langsung. Google docs ini pernah saya gunakan untuk membuat kuisioner biodata teman-teman SMA saya sehingga saya dapat membuat database berdasarkan hasil kuisioner tersebut.

10. Google Calendar
Berupa kalender digital. Dengan calendar ini kita bisa membuat jadwal kegiatan beserta pengingat atau reminder bagi yang selalu lupa dengan jadwal kegiatannya. Fitur calendar ini masih belum sempat saya gunakan.

11. Google Translate
Merupakan fitur penerjemah digital dari google. Di halaman google translate ini kita bisa menerjemahkan kata, kalimat maupun suatu paragraf dari satu bahasa ke bahasa lainnya. Selain itu juga kita bisa menerjemahkan suatu website dari bahasa yang tidak kita kenal menjadi bahasa yang kita kenal, misalnya ada suatu website yang menggunakan bahasa Jepang. Karena kita tidak mengerti bahasa maupun tulisannya kita bisa menerjemahkan isi website tersebut ke dalam bahasa Inggris atau bahasa Indonesia sehingga lebih mudah dimengerti oleh kita. Penggunaannya pun sangat mudah, cukup dengan mengetik atau menyalin dan menempel kata dan kalimat yang ingin kita terjemahkan.

12. Google Blogger
Merupakan situs blog tidak berbayar alias gratis yang didukung oleh google. Kita dapat mengaksesnya melalui http://blogger.com. Dulunya kita harus mengaksesnya melalui halaman blogspot, tapi entah mengapa sekarang jika kita mengetik http://blogspot.com akan diarahkan ke halaman blogger(dot)com. Sebenarnya blogspot dan blogger ini sama, saya masih belum mengerti apa hubungan blogspot dan google ini. Yang jelas untuk mengakses dan membuat blog pada halaman blogspot kita harus memiliki akun google. Pada blogger ini kita dapat mengekspresikan perasaan dan curhatan hati yang paling dalam melalui ketikan keyboard dengan bebas. Dari pijatan tuts keyboard ini kita dapat merangkai kata demi kata menjadi alunan kalimat, kalimat demi kalimat menjadi aliran paragraf yang akhirnya membentuk kesatuan menjadi sebuah blog yang harmonis. Ada beberapa alasan mengapa saya memilih membuat blog pada google blogger ini dibandingkan pesaingnya yaitu wordpress. Yang paling penting dan terutama adalah karena saya tidak ingin repot. Cukup dengan sebuah akun google saya bisa langsung membuka blog saya sendiri dengan alamat http://faridsetiadi.blogspot.com (promosi lagi di tulisan sendiri :P). Selain itu tampilannya pun sangat sederhana dan sangat mudah digunakan. Selain itu blogger ini didukung oleh google, merupakan perusahaan internet terbesar, sehingga blog kita bisa muncul dalam indeks pencarian google dengan mudah asalkan membuat blog yang berbobot dan bermutu tanpa menyalin dan menempel (copy & paste) karya orang lain. Blogger ini sangat mudah digunakan bagi pemula dan bisa dikembangkan lagi menjadi tampilan yang lebih menarik dan "oke" bagi yang sudah mahir mengutak-atik blog.

Sebenarnya masih ada banyak lagi fitur google yang "terlihat" seperti Google Books, Google Offers, Google Wallet, Google Shopping, Google Reader, Google Finance, Google Photos, dan Google Videos. Tapi saya tidak akan membahas sisanya lebih lanjut karena saya kurang mengerti dan belum pernah menggunakan fitur tersebut.

13. Google Adwords
Selanjutnya saya akan membahas fitur google yang "tidak terlihat". Salah satunya yaitu google adwords. Merupakan fitur bagi kita untuk mempromosikan produk kita dalam web google atau singkatnya kita membuat iklan pada web google. Untuk membuat promosi atau iklan ini kita akan dikenakan biaya, dan biaya yang dikenakan ini berdasarkan jenis iklan yang di klik dan bukan berdasarkan iklan yang ditampilkan. Singkat kata iklan kita akan ditampilkan pada halaman google dan jika iklan kita di klik oleh seseorang maka kita diharuskan membayar iklan tersebut berdasarkan jumlah iklan yang di klik tadi.


14. Google Adsense
Fitur "tidak terlihat" lainnya dari google. Fitur ini merupakan lawan atau kebalikan dari google adwords. Pada google adwords kita yang membayar ke pihak google untuk iklan kita, sedangkan pada google adsense kita yang akan dibayar oleh google karena iklan mereka. Dengan google adsense ini kita bisa memperoleh penghasilan sendiri. Caranya yaitu dengan memasang iklan dari google pada blog kita, baik itu berupa blogspot maupun blog dari web blog lainnya. Kita akan dibayar oleh google jika ada orang yang mengunjungi blog kita dan meng-klik iklan yang ada pada blog kita, istilah seperti ini biasa dikenal dengan sebutan pay per click. Tapi untuk menggunakan fitur ini kita harus memenuhi kriteria dari google, misalnya dengan minimum jumlah postingan di blog kita harus memenuhi jumlah yang diwajibkan oleh google. Selain itu juga isi blog kita harus orisinil karya kita dan bukan jiplakan karya orang lain. Fitur seperti ini sedang saya coba pasang di blog saya sendiri. Lumayan juga jika kita dapat penghasilan tambahan dari hasil menulis di sini. :)

15. Bisnis Go Online (http://bisnisgoonline.co.id)
Fitur "tidak terlihat" lainnya dari google bagi UKM atau penjual lainnya yang ingin memanfaatkan media online sebagai media promosi dan pemasaran. Merupakan program milik pemerintah yang bekerjasama dengan pihak google untuk memajukan industri usaha (entrepreneur) masyarakat Indonesia. Dengan moto Bisnis Lokal Go Online dan seabrek fitur dan keuntungan lainnya yang sangat menggiurkan ini mereka berusaha menarik pelanggan sebanyak-banyaknya. Bagi anda yang sudah memiliki usaha atau bisnis secara offline maupun online bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan cara mendaftarkan diri pada alamat web Binis Go Online tentunya dengan menggunakan akun google. Situs alamat web yang kita miliki nantinya akan berakhiran .web.id atau .co.id. Jika saya telah memiliki usaha penjualan barang yang cukup besar akan saya promosikan usaha saya di sini, hehe. :)

Cukup sekian penjelasan fitur dan akun google dari saya. Tanpa bermaksud promosi karena saya sendiri bukan dari pihak google. Saya hanya ingin berbagi informasi mengenai kelebihan memiliki akun google dan fitur-fitur yang dimilikinya yang telah membantu saya dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.
Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua. :)

FIN

1 komentar:

  1. Oke, terima kasih mbak sudah mampir dan berbagi link. Google maps sangat berguna bagi kita yang tidak tahu arah. Bagi saya itu sangat membantu sekali jika saya berada di daerah yang belum saya kenal :D

    BalasHapus