Translate

Selasa, 10 Juli 2012

~SHARING PENGALAMAN TEST: MEDCO E&P INDONESIA~

Medco Energi adalah perusahaan asing di Indonesia yang bergerak di bidang energi. Perusahaan ini dulunya bernama Meta Epsi Pribumi Drilling Co, didirikan oleh Bapak Arifin Panigoro pada tanggal 9 Juni 1980. Perusahaan Meta Epsi ini dulu bergerak di bidang jasa pengeboran minyak dan gas. Untuk sekilas mengenai perusahaan Medco Energi ini bisa kita lihat dari wikipedia.

Alhamdulillah, pada tanggal 9 Juli 2012 kemarin saya mendapatkan kesempatan untuk mengikuti seleksi tes untuk perusahaan Medco E&P Indonesia di Bandung. Tes yang saya ikuti ini adalah untuk posisi Graduate Engineer Trainee (GET). Tes ini diadakan di ruang 32 (ruang baca) CC Barat ITB dan dimulai dari pukul 08.00. Saat masuk ke ruang tes kita diberikan makanan ringan dan sebuah pulpen dengan gambar logo perusahaan Medco. Seperti pada proses tes setiap perusahaan, di awal-awal acara diadakan presentasi mengenai profil perusahaan hingga tahapan tes. PT Medco Energi sendiri terbagi ke dalam dua bidang, yaitu bidang energi dan non-energi. PT Medco E&P Indonesia (MEPI) ini merupakan salah satu anak perusahaan yang termasuk ke dalam bidang energi dan bergerak di bidang Oil & Gas. Banyak sekali lapangan yang dimiliki oleh MEPI ini. Untuk di Indonesia sendiri lapangannya berada di pulau Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulawesi hingga ke Papua. Untuk di luar negeri berada di negara Oman, Yaman, Libya, hingga US.

Program GET pada tahun 2012 ini merupakan program GET untuk batch ketujuh dan diselenggarakan di beberapa kota, diantaranya yaitu Palembang, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, dan Surabaya. Untuk program GET 7 ini jumlah peserta yang diterima dari seluruh Indonesia totalnya kurang dari 20 orang. Dari informasi salah satu website saya mendapat informasi bahwa hanya 16 orang yang akan diterima dari seluruh Indonesia. Program GET ini merupakan program training selama 1 tahun, dan setelah training kita masih dalam program ikatan dinas dari MEPI selama 2 tahun. Jika keluar atau istilah kerennya resign sebelum masa training atau ikatan dinas kita habis, kita akan dikenakan sanksi/denda. Yang paling menarik dari MEPI ini adalah 100% karyawannya dari tingkatan paling tinggi hingga terendah adalah orang Indonesia, tidak ada orang luar alias bule. Jika kita beruntung, kita bisa ditempatkan di luar negeri pada negara-negara yang telah saya sebutkan sebelumnya. Dan enaknya lagi untuk program GET ini kita akan ditempatkan pada posisi yang menurut perusahaan sangat sesuai dengan kemampuan kita.

Tahapan tesnya sendiri terdiri dari beberapa tahapan dalam waktu 4 bulan (kalau tepat waktu, kata pihak HRD-nya). Setelah lolos tahap screening atau seleksi administrasi, tahapannya terdiri dari:
1. SAB (tes aptitude, saya lupa apa itu singkatannya, yang saya ingat hanya Aptitude Battery)
2. Psikotes
3. Interview
4. Medical Check Up
5. Offering kontrak

Kurang lebih seperti itu tahapannya. Untuk hari pertama ini saya hanya mendapat tes SAB. Tes ini dimulai sekitar pukul 09.20 dan berakhir pada pukul 12.00. Tes aptitude ini dibagi ke dalam sembilan bagian sehingga kita mendapat 9 lembar jawaban. Bagian-bagian tersebut diantaranya yaitu:
1. Mengarsip
Kita diberikan nama-nama orang dan disuruh untuk mengelompokkannya ke dalam arsip yang ada. Misal nama saya Farid, pada lembar soal akan ada beberapa nomor arsip. Untuk nama dengan huruf Fa-Fl masuk ke dalam arsip nomor 10, berarti di lembar jawaban kita tulis angka 10.
2. Keruangan
Kita diberikan sebuah gambar dengan 5 gambar jawaban. Dari 5 jawaban tersebut kita diharuskan untuk memilih 1 buah gambar yang sama dengan gambar soal dengan cara memutar gambar tersebut hingga bentuknya sama.
3. Identifikasi Kesalahan
Dari judulnya sudah jelas. Kita diharuskan untuk mencari perhitungan yang salah dari soal yang diberikan. Soal perhitungan ini berupa penjumlahan. Kita diberikan beberapa baris angka dan kolom angka dan disuruh mencari hasil penjumlahan yang salah dari baris dan kolom tersebut.
4. Estimasi
Ini juga merupakan soal perhitungan dimana kita harus memperkirakan hasil perhitungan yang ada. Misalnya 1356 x 564 = ? Tentu saja kita hanya memperkirakan hasilnya dari beberapa pilihan yang diberikan. Pada bagian ini kita tidak diperbolehkan untuk melakukan perhitungan di atas kertas.
5. Keteknikan
Pada bagian ini kita diberikan 2 buah gambar dan sebuah pertanyaan. Dan jawabannya yaitu berdasarkan logika keteknikan. Misalnya ada gambar gelas dengan sedikit es dan gelas lain dengan es yang lebih banyak. Pertanyaannya gelas manakah yang lebih dingin? Jawabannya pikir sendiri yaaa. :P
6. Pemecahan Masalah
Kita diberikan soal cerita yang berupa perhitungan. Contohnya Budi memiliki 3 buah jeruk, Badu memiliki 5 jeruk. Berapakah total jeruk yang mereka miliki?
7. Perhitungan
Lagi-lagi masalah hitung menghitung. Pada bagian ini kita disuruh melakukan perhitungan anak SD, yaitu tambah, kurang, kali, bagi. Sama seperti bagian estimasi tapi pada bagian ini jawabannya merupakan isian bukan pilihan ganda. Untuk bagian ini kita diperbolehkan untuk melakukan coret-coret hasil perhitungan pada lembar jawaban.
8. Peralatan
Soalnya berupa gambar peralatan. Pertanyaannya adalah apa fungsi dari peralatan tersebut? Silahkan dipilih pada pilihan jawaban yang ada.
9. Kosa Kata
Ini hanya permainan kosa kata saja. Kita harus mencari persamaan kata yang mendekati dari kata yang ditanyakan. Misalnya apa persamaan dari termenung? Jawabannya yaitu melamun.

Jika berhasil lolos di hari pertama ini akan dipanggil kembali untuk mengikuti psikotes pada hari Rabu, 11 Juli 2012. Dan alhamdulillah tadi siang saya mendapatkan SMS untuk mengikuti tahap psikotes pada esok hari jam 08.00 di ruang 32 CC Barat ITB. Untuk soal psikotes ini yang saya prediksi mungkin sama seperti jenis psikotes pada umumnya. Semoga saya bisa lanjut ke tahap berikutnya lagi. Amiiiin. :)

*Update 1 (23/07/12 pukul 09:30)
Esok harinya saya datang kembali ke ruang 32 CC Barat ITB untuk mengikuti tahap psikotes yang dimulai di pagi hari. Untuk soal-soal psikotesnya sendiri hanya sedikit yang saya ingat dan itupun saya ingat karena baru saja mengerjakan soal dengan tipe psikotes yang sama pada hari Sabtu, 21 Juli 2012 kemarin untuk tes Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ). Untuk di awal-awal kita disuruh mengisi formulir yang berisi biodata dan kawan-kawannya. Formulir ini bisa saya bilang mirip dengan CV yang nantinya akan dipakai sebagai bahan bagi psikolog untuk melakukan wawancara dengan kita. Setelah itu dilanjut dengan dua bagian tes dengan dua lembar jawaban yang berbeda, yang 1 dengan kode V dan 1 lagi dengan kode P. Untuk soal-soalnya sendiri saya tidak ingat mana yang termasuk di dalam lembar jawaban V dan mana yang termasuk ke dalam lembar jawaban P. Soal-soalnya sendiri terdiri dari pengetahuan umum di Indonesia dan di dunia (saran saya sering-sering baca koran atau browsing di internet untuk menambah pengetahuan umum), kemampuan verbal seperti menjawab persamaan kata, perhitungan seperti bagian pemecahan masalah pada tes aptitude, imajinasi gambar seperti pada bagian keruangan di tes aptitude, mencari bagian yang hilang dari gambar yang diberikan (misalnya ada gambar kucing dengan telinga hilang sebelah, maka jawaban dari bagian yang hilang tersebut adalah telinga), menyusun gambar cerita yang tidak urut (kita diberikan beberapa gambar sekitar 3-6 buah gambar yang harus kita urutkan gambarnya hingga gambar-gambar tersebut membentuk suatu cerita yang masuk akal, bagian ini menurut saya paling susah karena beberapa gambarnya ambigu dan sangat membingungkan bagi saya), dan terakhir menyusung potongan-potongan gambar (misalnya kita diberi beberapa potong gambar sekitar 4-5 potongan yang harus kita susun urutannya dari kiri ke kanan hingga membentuk gambar mobil atau binatang). Setelah itu dilanjutkan dengan pertanyaan mengenai kepribadian kita yang terdiri dari 100 soal dan 255 soal. Di sela-sela mengerjakan soal kepribadian tersebut ada beberapa orang yang akan dipanggil secara acak untuk melakukan wawancara. Wawancara ini sendiri mengacu kepada formulir yang kita isi di bagian awal tes dan pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan seputar diri kita masing-masing seperti interview psikolog pada umumnya. Dan setelah semuanya selesai, tes kepribadian dan wawancara, kita dipersilahkan untuk pulang.

*Update 2 (27/09/12 pukul 08:00)
Alhamdulillah, sehari sebelum hari kemerdekaan RI saya mendapat surat cinta dari Medco untuk melaksanakan tahapan selanjutnya yaitu interview panel dengan user. Untuk sesi interview saya lanjutkan di ~Interview Panel: Medco E&P Indonesia~

FIN

5 komentar:

  1. Assalamualaikum mas farid...perkenalkan nama saya nalia dari teknik kimia undip.Salam kenal.

    Besok saya ada panggilan awal untuk test medco di gedung energi.
    Terimakasih..postingan ini bermanfaat skali bagi saya.
    Kalau boleh tahu gmn kelanjutan hasil psikotest nya?
    Graduate engineer trainee ini khusus untuk bidang energi hulu saja ya?
    Saya tunggu share crita kelanjutannya ya :)

    BalasHapus
  2. Wa'alaikumsalam mbak nalia. Terima kasih sudah mampir. Salam kenal juga.

    Untuk psikotes waktu yang diberikan cukup lama, dari pagi hingga siang. Kemarin saya beres psikotes sekitar pukul 14.00. Untuk psikotesnya kurang lebih mirip dengan aptitude karena ada beberapa soal psikotes yang sangat mirip 100% dengan tes aptitude sebelumnya untuk bagian persamaan kata dan keruangan. Tidak ada soal pauli atau kraeplin maupun soal menggambar. Selebihnya tes kepribadian yang jumlah soalnya sangat banyak hingga ratusan.
    Untuk psikotes tinggal menunggu sekitar 1-2 bulan, mungkin masih menunggu hasil tes dari daerah lain juga.
    Berdasarkan presentasi pada hari pertama, yang saya tangkap, GET ini khusus ke bidang hulu. Lebih ke arah eksplorasi dan produksi. Untuk posisi kerja nanti bakal menyesuaikan dengan kemampuan yang kita miliki, misalnya kita dari teknik bisa saja terlempar ke bagian manajemen karena bakat dan kemampuan kita lebih ke arah bidang tersebut.
    Semoga kita berhasil lolos ke tahap berikutnya. Amin. :)

    BalasHapus
  3. oh bgitu ya test psikotest nya.. makasih banyak infonya.
    saya sudah mengikuti test aptitude kmrn. SKrg tinggal harap harap cemas menunggu kabar hasil nya.
    semoga kita bisa lancar dan lolos sampai tahap akhir ya. amien :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah saya update untuk soal-soal psikotes di atas,
      semoga bermanfaat dan semoga lancar serta lolos ke tahap berikutnya hingga diterima di Medco, amin.
      Sukses bagi kita semua. :)

      Hapus
  4. Untuk di medco itu apa hanya S1atau bisa D3

    BalasHapus