Translate

Senin, 19 November 2012

~Psikotes: PT Paragon Technology & Innovation~


Yosh, setelah sekian lama belum bisa mendapatkan akses ke blogger karena jaringan provider yang sedang main tenis (maintenance) akhirnya saya bisa mendapat kesempatan untuk kembali memainkan tuts keyboard lagi disini. Kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya saat mengikuti tes dari perusahaan Paragon. Awal mulanya dimulai saat saya mendatangi Sabuga pada jobfair Oktober yang diselenggarakan pada tanggal 12-14 Oktober 2012. Pada kesempatan kali itu saya yang sudah mulai desperate masih berusaha untuk mendaftar pada rekrutmen beberapa perusahaan. Salah satu booth perusahaan yang saya kunjungi yaitu booth Paragon. Saya iseng memberikan CV saya dan mendaftar di booth tersebut bersama teman saya Fauzan Ahmadi dan berharap bisa mendapat panggilan untuk tes. Mulanya saya diberitahu oleh penjaga booth bahwa tesnya akan diadakan pada hari Minggu tanggal 14 Oktober dan sehari sebelumnya akan diberi kabar. Tapi sehari sebelumnya saya tidak mendapat kabar sama sekali. Keesokan harinya akhirnya saya mendapat SMS panggilan tes dari PT Paragon yang diadakan di Unpad Dipati Ukur (DU) pada tanggal 15 Oktober 2012 pukul 08.00. Tes tersebut adalah tes psikotes awal.

Senin, 15 Oktober 2012. Gedung 2 lantai 4 Unpad DU menjadi saksi bisu pertempuran saya melawan makhluk yang bernama psikotes. Saya tiba di arena kolosium tepat pada pukul 08.00 dan saat itu tes pun belum dimulai. Sekitar 15 menit kemudian kami diberi kesempatan untuk melangkahkan kaki ke dalam ruang pertempuran. Saya bersama teman saya menjadi ujung tombak penyerang di jajaran paling depan. Sebelum pertarungan dimulai, pihak rekrutmen Paragon mulai melakukan presentasi seputar profil perusahaan dan tahapan musuh apa saja yang harus kami taklukan. Salah satu produk yang dihasilkan Paragon ini adalah Wardah Cosmetics. Selain itu juga perusahaan ini memproduksi produk lainnya yang saya tidak hafal apa saja produk tersebut :P. Untuk tahapan musuh yang harus dilalui sesuai dari presentasi adalah:

- CV Screening
- Tes tertulis
- Wawancara awal
- Psikotes lengkap
- Wawancara akhir

Akan tetapi saat tes kemarin ada evolusi tahapan yang harus diterjang, yaitu menjadi CV screening, psikotes awal, psikotes lengkap, wawancara awal, dan wawancara akhir. Untuk tahap CV screening hingga wawancara awal diadakan di Bandung, sedangkan untuk final boss battle yaitu wawancara akhir diadakan di Jakarta.

Selesai presentasi, pertarungan pun dimulai. Psikotes awal ini tidak terlalu lama waktunya dan soal-soalnya pun tidak banyak. Soal-soalnya standar seperti permainan kata, hitung-hitungan dan gambar untuk psikotes. Soal-soal psikotes ini berakhir sekitar jam 11. Setelah pertempuran berakhir kami diperbolehkan untuk kembali ke alam kami masing-masing. Saat melangkahkan kaki sebelum ke luar arena pertempuran kami diberi tiket menonton di bioskop XXI untuk 2 orang dari pihak Paragon dengan nominal lima puluh ribu rupiah (lumayan tiket gratisan :D). Hasil psikotes ini akan diumumkan pada malam harinya.

Voucher Tiket 21 Untuk 2 Orang


Malam harinya saya gundah gulana menunggu hasilnya, apakah saya akan mendapatkan kabar baik atau tidak mendapat kabar sama sekali? Dan malam itu saya tidak mendapat kabar sama sekali, begitu juga dengan teman saya tidak mendapatkan kabar apa pun. Keesokan harinya saya masih berharap mendapat kabar. Hingga malamnya saya sudah tidak berharap apa pun juga sehingga saya tidur lebih cepat dari biasanya. Pagi harinya saya membuka SMS yang saya terima sekitar jam 10 lewat yang isinya menyatakan bahwa saya lolos psikotes awal dan lanjut ke tahap psikotes lengkap yang diselenggarakan pada pagi itu juga pada pukul 08.00 bertempat di Unpad DU.

Rabu, 17 Oktober 2012. Dengan persiapan seadanya saya pun langsung berangkat menuju tempat kegiatan tes. Setelah sampai disana saya SMS teman saya, apakah dia juga lolos ke tahap berikutnya? Dan ternyata dia berkata bahwa dia tidak mendapat kabar apa-apa semalam. Akhirnya saya menjadi seorang single fighter dalam pertempuran kali ini. Makhluk psikotes lengkap ini lebih buas daripada psikotes awal kemarin. Karena dibutuhkan waktu hingga sore hari untuk menghadapinya dan soal-soalnya lebih ganas dan komplit. Soal-soalnya sendiri terdiri dari soal psikotes yang lebih lengkap dari verbal reasoning, numerical reasoning, spatial reasoning, dan kawan-kawannya. Ditambah dengan soal-soal kepribadian seperti papi kostik atau MMI yang jumlah ratusan biji. Soal psikotes pamungkas seperti     tes Pauli dan tes menggambar wartegg tes dan menggambar pohon pun muncul pada psikotes tahap lanjut ini. Selain itu ada soal mengarang indah mengenai diri kita. Soalnya adalah kita disuruh menjelaskan siapa diri kita dalam 20 baris pernyataan yang tiap barisnya wajib diawali dengan kata “Saya ...........”. Ada yang unik dari tes ini, yaitu adanya tes interview tertulis. Pertanyaannya seputar diri kita, mengenai perusahaan, posisi yang kita pilih, gaji dan pertanyaan umum lainnya yang biasa ditanyakan saat interview dengan HR. Siang harinya pada jam 12 kami diberi kesempatan untuk beristirahat dan diberi makan siang berupa makanan berat Hokben. Setelah itu tes dilanjutkan kembali hingga sekitar jam 3 sore. Pengumuman hasilnya dikabari melalui telepon dalam jangka waktu 1-2 minggu. Akan tetapi saya tidak berhasil lolos ke tahap interview awal karena hingga saat ini tidak mendapat kabar apa-apa lagi.

FIN

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar