Ramuan

Translate

Selasa, 16 Oktober 2012

~SHARING PENGALAMAN TEST: PERTAMINA (PERSERO)~



PT Pertamina (Persero) merupakan induk dari perusahaan Pertamina. Program rekrutmen yang diselenggarakan Pertamina kali ini yaitu program Bimbingan Profesi Sarjana atau biasa dikenal dengan singkatan BPS. Setelah mendaftar melalui website karir center di kampus untuk program BPS akhirnya saya mendapat panggilan untuk melaksanakan kewajiban sebagai peserta tes yaitu mengikuti tes tahap awal yang berupa psikotes pada tanggal 22 September 2012.

Seperti tes sebelumnya pada anak perusahaan Pertamina, psikotes kali ini juga diselenggarakan oleh pihak konsultan. Konsultan pada tes kali ini berasal dari Psikolog Unpad dengan tempat tes di Biro Pelayanan dan Inovasi Psikologi (BPIP) Fakultas Psikologi Unpad di daerah dago sebelum pom bensin dekat terminal dago. Pada kesempatan kali ini saya mendapat giliran tes pagi pada pukul 07.30. Tes pun langsung dimulai dengan penjelasan tahapan psikotes tanpa basa basi presentasi mengenai profil perusahaan dan penjelasan tahapan-tahapan tes yang harus peserta lalui. Untuk psikotes Pertamina ini sendiri masih berupa psikotes umum yang sama seperti psikotes perusahaan-perusahaan lain yang pernah saya bahas seperti pola gambar, kosakata, deret angka, dkk. Kemudian dilanjutkan dengan tes Pauli yang membosankan dan terakhir pernyataan-pernyataan mengenai kepribadian kita. Setelah selesai kita diberitahukan oleh panitia bahwa hasil psikotes tersebut dapat dilihat pada sore hari di papan pengumuman di BPIP Unpad. Sore harinya saya kembali ke BPIP Unpad untuk melihat hasil tes. Dan ternyata saya lolos ke tahap berikutnya yaitu English test (tes TOEIC) yang diadakan di Kantor Cabang Pertamina dekat Gasibu pada tanggal 24 September 2012 pukul 10.30.

Senin tanggal 24 September saya datang ke kantor Pertamina dan menuju ke Ruang Pertamax tempat eksekusi tes TOEIC. Tes ini sendiri sama persis dengan tes TOEIC pada umumnya yang terdiri dari listening dan reading. Waktu yang harus saya lalui yaitu 2 jam dengan rincian 45 menit untuk listening dan 75 menit untuk reading. Total soal yang harus saya basmi ada 200 soal dengan ramuan 100 soal listening dan 100 soal reading. Untuk soal-soal reading terdiri dari grammar dan membaca paragraf/surat/pemberitahuan dan sejenisnya. Selesai tes kami diberitahu bahwa hasilnya akan dikabari dalam jangka waktu 1 minggu melalui email karena pada saat tes kita disuruh untuk mengisi absen dan alamat email agar hasilnya nanti bisa dikirim ke email kita. Tapi hingga saat ini saya dan teman-teman saya yang lain masih belum ada yang mendapat kabar atau hasil tes TOEIC kemaren. Mungkin inilah yang biasa disebut dengan galau (H2C) Harap-harap Cemas menunggu surat cinta dari Pertamina oleh kebanyakan orang. :P

Semoga saja hasilnya berbuah manis bagi saya dan kalian yang sedang membaca tulisan saya ini. ;)

FIN

14 komentar:

  1. udah ada hasilnya blum kalau yang toeic tanggal 22 september 2012?
    durasinya berapa lama dari test?

    saya ikut yang tanggal 08 Oktober 2012, sudah 2 minggu sampai tanggal hari ini belum ada email masuk...

    mohon infonya ga...

    terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk info hasil tes dari Pertamina belum ada gan. Tapi 1 minggu yang lalu (itung sendiri berapa lama dari pertama kali tes), ane sempet dapet SMS dari TOEIC center yang nyelenggarain tesnya kalo hasil tes TOEIC bisa kita lihat dan kita dikasih voucher TOEIC juga dari mereka via email. Anehnya setelah ane cek email ga ada satupun email dari TOEIC center baik di inbox maupun di spam ane.

      Kalo tes yang tanggal 8 Oktober ane kurang ngerti, mungkin lagi di proses sama Pertamina-nya dan mungkin juga bakal digabung dengan batch sebelumnya seperti ane ini. Semoga kita dapet kabar baik dari Pertamina ya gan. :shakehand

      Hapus
  2. wah... sip sip klo gitu gan....
    galau nya berlanjut berarti.... :swt

    makasi gan...!!!

    BalasHapus
  3. Gan,sy mau tanya nih,,kira2 berapa lama ya waktu hasil kelulusan toeic. sy test Toeic nya tgl 22 Oktober 2012

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk masalah berapa lama waktunya saya kurang tau gan, kadang waktu pengumumannya ga sesuai dengan yang mereka janjiin. Apalagi batch tes ane dan agan kan berbeda.

      Hapus
  4. wah... agan PIONEER batch nya samaan tuh dengan agan FARID... kalau temen2 se Batch agan2 gmna? apa mereka juga masih H2C?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo temen udah ada yg dapet panggilan interview di bandung juga gan, sekitar 2-3 minggu nunggu. Pengumumannya via email.

      Hapus
  5. waah pada h2c yah,,ane juga tes nya tanggal 22 Oktober tapi di pertamina pusat jakarta, setelah telpon ke contact centre pertamina katanya 2 minggu - 1 bulan jaraknya.

    BalasHapus
  6. sama sayab juga ikut tes TOEIC di 22 okt di BPIP tapi sampai sekarang belum ada kabar, yang lain sudah ada kabar?

    BalasHapus
  7. sayaa juga sama dengan Dwi, ikutan test toeic hari senin tgl 22 okt,,tp blm ada kabat sama sekali,,mohon informasinya ya

    BalasHapus
  8. Sepertinya keadaan kita sama, saya test toeic 22 okt jg.
    tp sampai saat ini belum ada kabar.

    BalasHapus
  9. wahh... kalo tahapnya sebanyak ini semangat ae pokok e biar semuanya lancar

    BalasHapus