Ramuan

Translate

Kamis, 30 Agustus 2012

Personal Development: Ucapan Yang Negatif dan Positif

Setelah membongkar isi lemari, saya menemukan sebuah buku yang isinya penuh dengan inspirasi. Buku tersebut adalah "Slam Dunk for Success" karya bapak Sonny Vinn. Berikut ini salah satu isi tulisan yang berjudul "Ucapan Yang Negatif dan Positif" dan termasuk ke dalam kategori Personal Development. Semoga bisa menjadi inspirasi bagi kita semua. :D

Dalam satu hari, berapa kalikah Anda berkata negatif? Kata-kata yang terlalu sering diucapkan akan dianggap sebagai suatu kebenaran oleh alam bawah sadar Anda. Kalimat-kalimat seperti, "Saya tidak kaya, saya tidak pandai, saya tidak mau," dan sebagainya akan menjadi suatu pembenaran di dalam mental Anda.

Langkah paling sederhana untuk mencegahnya adalah dengan berusaha untuk tidak mengatakannya. Namun, apabila memang terpaksa harus mengatakannya, cobalah untuk mengubahnya dari kata NEGATIF menjadi kata POSITIF. "Saya belum kaya, saya belum pandai, saya belum mau" akan mempunyai efek positif terhadap mental Anda. Kata "belum" berarti saat ini belum terjadi, tetapi di masa depan bisa terjadi. "Saya belum kaya saat ini, tetapi saya akan kaya di masa depan" akan lebih punya arti positif dalam hidup Anda, dibandingkan dengan "Saya tidak kaya" yang berarti sepanjang hidup Anda tidak akan pernah kaya.

Nah, berikut ini ada daftar kata-kata negatif yang mungkin sering Anda ucapkan. Coba ganti kata tersebut dengan kata-kata yang positif dalam percakapan Anda sehari-hari. Artinya sama, namun mempunyai pengaruh yang berbeda terhadap mental Anda. Anda bisa pula menambahkan kata-kata Anda sendiri dalam daftar ini.
Selamat mencoba!

Komentar saya:
Memang benar, jika kita mengubah kata atau kalimat negatif tersebut menjadi kata atau kalimat positif  maka kita akan merasa bahwa tidak ada yang tidak mungkin untuk dikerjakan. Sugesti seperti ini memberikan kekuatan pikiran pada alam bawah sadar kita bahwa suatu saat nanti apa yang kita inginkan pasti tercapai jika kita selalu berpikir positif dengan menggunakan kata-kata atau kalimat-kalimat yang positif juga. Bila pikiran kita negatif dan hidup kita selalu dipenuhi dengan kata-kata atau kalimat-kalimat yang negatif, otomatis hidup kita tidak akan mengalami kemajuan karena alam bawah sadar kita sudah kita set untuk selalu gagal. Oleh karena itu mulailah dari sekarang untuk menghilangkan kata dan kalimat negatif dari hidup kita dan gantilah dengan kata dan kalimat yang positif. Sukses bagi kita semua. :)

FIN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar