Ramuan

Translate

Selasa, 30 Juli 2013

Makanan Yang Harus Dihindari Saat Berbuka Puasa

Setelah berpuasa seharian penuh dari sebelum terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari selama sekitar 13 jam pasti kita tergiur untuk menyantap hidangan berbuka yang enak, gurih, hingga santapan yang segar-segar. Padahal dari makanan tersebut banyak yang kurang baik bagi sistem pencernaan kita. Berikut ini beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari saat berbuka puasa nanti:

  • Minuman dingin.
Minuman dingin yang kita konsumsi saat berbuka puasa dapat menyebabkan radang tenggorokan. Setelah setengah harian lebih (sekitar 13 jam) berpuasa, tenggorokan kita akan kering. Jika tiba-tiba tenggorokan dialiri cairan dingin, maka akan terjadi luka pada tenggorokan kita. Cairan dingin ini akan menyayat dinding-dinding tenggorokan kita yang masih kering kerontang sehingga dapat menyebabkan radang.
  • Minuman bersoda.
Minuman bersoda kurang baik untuk diminum saat berbuka karena akan memicu dehidrasi, sakit maag, dan perut kembung. Hal ini disebabkan perut kita yang masih kosong setelah berpuasa langsung diisi oleh cairan bersoda yang menyebabkan perut kita penuh sesak dengan gas karbonat dan perut menjadi kembung. Gas soda ini juga dapat bereaksi di lambung dan menyebabkan asam lambung kita bertambah banyak sehingga mengakibatkan sakit maag.
  • Makanan pedas.
Lagi-lagi mengenai lambung. Makanan pedas dapat langsung mengaktifkan asam lambung sehingga kadarnya meningkat akibat lambung masih kosong ketika berpuasa sehingga bisa terjadi sakit maag. Makanan pedas juga dapat melukai dinding lambung sehingga menyebabkan gangguan pencernaan.
  • Makanan bersantan dan gorengan.
Dalam keadaan perut yang masih kosong, makanan bersantan dapat menyebabkan sembelit. Sementara makanan yang digoreng dengan minyak dapat membuat asam lambung meningkat. Hal ini disebabkan oleh kandungan minyak pada gorengan sukar dicerna oleh lambung.
  • Keju, cokelat, kopi, dan teh.
Banyak diantara kita yang tidak menyangka bahwa makanan manis & nikmat seperti coklat & keju harus dihindari saat berbuka puasa. Keduanya perlu dihindari karena sulit dicerna oleh lambung, apalagi saat kondisi lambung masih kosong. Akibatnya, perut kita akan menjadi kembung. Selain itu, kopi & teh juga perlu dihindari karena memiliki kandungan kafein yang tinggi dan kurang baik untuk lambung karena kafein dapat menyebabkan asam lambung bertambah banyak sehingga membuat kita mual.
  • Buah yang memiliki kandungan asam yang tinggi.
Buah dengan kandungan asam yang tinggi juga membuat asam lambung meningkat sehingga lambung menjadi terasa sangat perih.
Itulah jenis-jenis makanan yang harus dihindari saat berbuka puasa. Semoga informasi ini bisa memberikan petunjuk bagi kita semua sehingga saat berbuka puasa nanti, lambung dan pencernaan kita tetap terawat dengan sehat. Selamat berbuka puasa bagi yang menjalankan ibadah puasa. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar