Ramuan

Translate

Selasa, 12 Juni 2012

~PENGALAMAN TEST MENCARI KERJA (Part 1)~

Masa-masa kelulusan dari seorang mahasiswa menjadi seorang sarjana merupakan masa yang sangat membahagiakan. Akan tetapi saat-saat yang berbahagia itu tak berlangsung lama karena kita harus mencari pekerjaan. Di jaman sekarang untuk mencari kerja tidak semudah membalikkan telapak tangan, kita harus berusaha mati-matian untuk mencarinya karena kita bersaing dengan banyak orang melalui beragam tahapan proses test yang cukup banyak untuk bisa diterima kerja di perusahaan yang kita inginkan. Berikut ini saya akan membahas sedikit pengalaman dalam mengikuti test dalam mencari kerja.

1. Astra International (Management Trainee)

Astra International merupakan perusahaan besar yang memiliki enam bidang usaha, yaitu: otomotif, jasa, keuangan, alat berat, pertambangan dan energi, agribisnis, teknologi informasi, infrastruktur dan logistik.
Ini merupakan pengalaman pertama saya dalam mencari kerja. Kira-kira 2 minggu yang lalu, tepatnya tanggal 28 Mei 2012 saya diundang untuk mengikuti test yang diselenggarakan oleh perusahaan Astra International. Test ini bertempat di Gedung Serba Guna ITB dengan jumlah peserta sekitar ratusan orang karena tempat tersebut mampu menampung banyak orang. Saya kebagian tes untuk gelombang kedua yaitu pada siang hari dimulai dari pukul 13.00 WIB. Tes tahap pertama yang diadakan yaitu Psikotest. Psikotest ini sendiri terdiri dari beberapa rangkaian test seperti psikotest pada umumnya seperti tes kemampuan verbal, imajinasi visual ruang, logika hingga deret angka dengan waktu yang tidak pernah kita tahu untuk menyelesaikan tahapan setiap psikotest. Soal-soal yang paling saya ingat yaitu soal tes hitungan koran dari atas ke bawah (Pauli test), tes melengkapi kotak gambar (Wartegg test), test menggambar pohon (Baum test), tes menggambar orang (DAP test). Tes ini merupakan jenis psikotest yang dapat saya bilang merupakan jenis psikotest yang umum karena sebelumnya saya pernah menjumpainya pada saat tes masuk ITB melalui jalur Ujian Saringan Masuk (USM ITB). Bagi yang belum tahu jenis-jenis soal seperti ini bisa tanyakan ke mbah google. Durasi test tahap pertama ini kira-kira sekitar 5 jam karena saya baru bisa menyelesaikan semua tahapan test ini sekitar pukul 18.00. Setelah test berakhir peserta dibagikan snack berupa makanan ringan secara gratisan oleh pihak Astra :D.
Test Astra International ini kurang lebih terdiri dari tahap: (maaf agak lupa tahapan-tahapannya)
- psikotest
- interview user
- interview HR
- interview Director
- medical check up
- dll (lanjutannya lupa :p)
Dan alhasil saya GAGAL di tahap test pertama yaitu psikotest.

2. Krakatau Posco (Management Trainee)
Krakatau Posco merupakan sebuah perusahaan multinasional yang merupakan gabungan (joint venture) dari perusahaan Krakatau Steel dengan perusahaan Posco dari Korea. Perusahaan ini bergerak di bidang produksi baja dan dikatakan masih baru di Indonesia karena masih dalam tahap pembangunan pabrik dan direncanakan akan mulai beroperasi pada awal tahun 2014.
Ini merupakan pengalaman kedua saya dalam megikuti test untuk kerja. Kira-kira 1 minggu yang lalu, tepatnya tanggal 5 Juni 2012 saya mendapatkan undangan untuk mengikuti test Krakatau Posco yang bertempat di Universitas Indonesia. Untuk test hari pertama terdiri dari psikotest dan job test. Psikotest ini tidak jauh berbeda dengan soal psikotest dari Astra, tapi dengan jumlah soal yang lebih banyak dengan waktu yang lebih singkat. Belajar dari pengalaman sebelumnya, pada test kali ini saya mencoba untuk mencatat beberapa tahapan test untuk psikotest, diantaranya yaitu: CFIK test, GATB test, Pauli test, Wartegg test, Baum Test, DAP test, Marston Model Indonesia, Papi International Kostick (untuk keterangan atau penjelasannya silahkan cari lagi sendiri di eyang google). Durasi psikotest ini sekitar 4,5 jam yang selesai pada pukul 13.30 WIB dan dilanjutkan dengan waktu istirahat. Kemudian pada pukul 14.30 WIB dilanjutkan kembali dengan job test. Job test ini merupakan tes kemampuan sesuai dengan bidang jurusan masing-masing. Soal job test ini dalam Bahasa Inggris dan terdiri dari 30 batang soal dengan durasi waktu 1 jam (bagi bidang Mechanical, Electrical, Material/Metallurgy, dan Accounting), khusus untuk anak Teknik Kimia (bidang Chemical) soal terdiri dari 40 biji soal. Bagi saya soal-soal ini merupakan soal tingkat kemampuan dasar yang pernah saya pelajari selama di bangku kuliah pada Tingkat 1 dan Tingkat 2. Berhubung tidak pernah refreshing lagi dengan soal-soal Tingkat 1 dan 2, ada beberapa pertanyaan yang saya lupa jawabannya :lol:. Soal yang saya ingat yaitu ada beberapa soal tentang Fisika Dasar dan Elemen Mesin mengenai roda gigi yang tentunya membuat kepala ini serasa panas.
Alhasil saya lolos pada tahap pertama dan lanjut ke tahap berikutnya pada tanggal 6 Juni 2012 untuk interview user. Interview ini dimulai dari pukul 09.00 WIB dan untuk interview ini kita harus rela mengantri tanpa tahu kita mendapat giliran nomor berapa atau setelah siapa?. Setelah bosan menunggu dan lumayan mengantuk barulah saya dipanggil pada pukul 15.00 lebih beberapa menit. Saat interview dengan user ini saya disuruh untuk menjawab pertanyaan menggunakan Bahasa Inggris. Pertanyaan interview tahap user ini lebih ke arah teknis dimana pada saat itu, di awal-awal pertanyaan saya diberi gambar dan disuruh menjawab jenis-jenis Mechanical Strength/Stress yang terjadi pada gambar tersebut.

Tahapan test Krakatau Posco ini mirip dengan tahapan test Astra International yang terdiri dari:
- Psikotest & job test
- Interview user
- Interview HR
- Interview HR Director
- Medical Check Up
- TTD Kontrak
Dan alhasil saya GAGAL menuju test interview HR.

Berhubung pengalaman test baru dari dua perusahaan tersebut dan sekarang sedang menunggu panggilan test dari beberapa perusahaan lainnya, cerita selanjutnya akan dilanjutkan pada ~PENGALAMAN TEST MENCARI KERJA (Part 2)~
CONT~ (menuju Part 2)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar